Tips dan trik memilih Power Supply komputer

Tips Memilih Power Supply untuk Komputer

Tips Memilih Power Supply untuk Komputer
 Power supply bisa dibilang adalah komponen yang sering terlupakan dalam proses perakitan komputer. Seringkali orang lebih mementingkan komponen lainnya seperti processor komputer, vga, dan ram dibandingkan dengan power supply. Padahal, ibarat manusia, power supply adalah jantungnya computer yang menjadi nyawa dalam computer tersebut, power supply lah yang mengirimkan daya ke seluruh komponen komputer. Bisa kita bayangkan apa jadinya kalau power supply kita bermasalah.

Nah, memilih power supply yang bagus wajib kita lakukan untuk menjaga keawetan komponen lainnya. Apalagi bagi anda yang sedang merakit komputer kelas atas, misal untuk komputer gaming. maka power supply kelas atas juga sangat diperlukan di sini, jangan sampai kita menggunakan power supply abal-abal yang justru semakin memperpendek usia komputer kita. berikut tips memilih PSU,
  1. Perkirakan jumlah daya yang dibutuhkan untuk komputer anda, gunakan tool-tool yang ada di internet untuk membantu perhitungan
  2. Kemudian cari power supply yang cukup untuk memenuhi daya yang dibutuhkan oleh komputer. 
  3. Ketika anda mencari PSU, jangan asal pilih PSU yang murah.
  4. Coba lihat rating PSU yang anda dapatkan di internet, bagaimana ulasan para konsumen terhadap PSU tersebut.
  5. Usahakan untuk membeli PSU dari merk-merk yang sudah terpercaya dalam bidangnya, misalkan seasonic, Digital Alliance, dan masih banyak lagi.
  6. Cari yang sudah memiliki cap bronze (minimal), yaitu sertifikat yang diberikan kepada psu dimana psu tersebut mampu membeikan efisiensi diatas 80%. apa itu efisiensi? silahkan anda cari di google, yang jelas semkakin tinggi efisiensi, semakin kecil juga pengeluaran biaya listrik anda, hehehe
  7. Selain itu, psu yang sudah berlabel 80+ juga bukan sembarangan PSU, PSU tersebut harus melewati berbagai macam tahapan agar bisa lolos, nah itulah sebabnya mengapa anda harus memilih psu berlabel 80+
Pengalaman pribadi, saya membeli psu seasonic 400W dengan harga 450 ribu. mungkin terdengar sangat mahal bagi yang suka mencari psu abal-abal. Tetapi, kemampuan psu tersebut memang tidak bisa diragukan. pernah suatu ketika listrik dirumah tiba-tiba mati selame sepersekian detik, televisi, lampu, bahkan monitor komputer pun ikut mati, tapi luar biasa, CPU tetap hidup, ternyata psu seasonic yang saya beli telah dibekali dengan berbagai fitur keamanan yang sangat handal. 

 Prinsip kerja power supply


Prinsip kerja power supply adalah menurunkan tegangan ac 220 volt menjadi dc 9 volt kemudian melakukan pengubahan sinyal bolak balik menjadi sinyal listrik searah (DC). Hanya dengan menggunakan beberapa kompenen inti dari power supply yakni satu buah dioda bridge dan satu buah kapasitor. Dioda bridge digunakan sebagai penyearah gelombang bolak balik yang dihasilkan oleh trafo step down atau trafo penurun tegangan dan kapasitor digunakan sebagai penghilang riak gelombang yang telah disearahkan oleh dioda bridge. Tetapi bagi anda yang hanya ingin menyalurkan hobby atau ingin menjalankan rangkaian-rangkaian elektronika yang sederhana sebagai percobaan.
Prinsip Kerja Power Supply atau Adaptor

Bagi anda seoarang pemula atau yang sama sekali masih baru dengan dunia elektronika, dengan rangkaian di atas anda bisa dengan mudah memahami prinsip kerja dari adaptor  atau rangkaian power supply. Tegangan jala-jala 220 volt dari listrik PLN diturunkan oleh trafo atau transformator penurun tegangan yang menerapkan perbandingan lilitan. Dimana perbandingan lilitan dari suatu transformator akan mempengaruhi perbandingan tegangan yang dihasilkan. Tegangan yang dihasilkan oleh trafo masih berbentuk gelombang AC dan harus disearahkan dengan menggunakan penyearah. Rangkaian penyearah yang digunakan memanfaatkan 4 buah dioda yang telah dirancang untuk bisa meloloskan kedua siklus gelombang ac menjadi satu arah saja. Atau anda bisa melihat postingan saya yang lain yang membahas tentang rangkaian penyearah.


Gelombang dua arah yang telah diubah menjadi satu arah keluaran dari dioda bridge masih memiliki riak atau masih memiliki amplitude tegangan yang tidak rata. Hal ini dikarenakan dioda bridge hanya menghilangkan siklus negative dan menjadikannya siklus positif tetapi tidak merubah bentuk gelombang sama sekali dimana masih memilki lembah dan bukit. Untuk itu dimanfaatkan kapasitor yang mempunyai kapasitansi yang cukup besar untuk membuat rata gelombang tersebut. Hal ini dikarenakan lamanya proses pelepasan muatan oleh kapasitor sehingga seolah-olah amplitudo dari gelombang tersebut menjadi rata. Sebenarnya jika anda memahami cara kerja kapasitor anda bisa mengerti bahwa tingkat kerataan dari gelombang yang dihasilkan masih dipengaruhi oleh impedansi beban yang kelak akan dihubungkan dengan rangkaian power supply komputer tersebut. Semakin kecil impdeansi beban maka akan menjadikan proses pelepasan muatan pada kapasitor akan semakin cepat, sehingga dengan begitu maka bisa dipastikan gelombang yang semula rata akan berubah kembali menjadi memiliki riak akibat proses pelepasan muatan yang begitu cepat.

3.     Cara Memasang Power Supply
  • Anda harus menyiapkan casing atau bodi sebuah komputer. Pastikan kabel front panel komputer anda sudah lengkap. Pada sebuah power supply setidaknya terdapat 4 buah kabel front panel yaitu :
- Hard disk LED ( HDD LED )
- Power ON LED ( POWER LED )
- Reset Switch ( RESET )
- Power on Switch ( Power Switch )
Cara Memasang Power Supply

Kabel Front panel
  • Pada Bagian belakang casing komputer ( CPU ) terdapat sebuah lubang besar. Lubang ini adalah tempat untuk kita meletakan power suplly kita.
    Lubang Tempat Power Supply

Lubang Tempat Power Supply
  • Silahkan Ambil Power Supply anda, lalu pasang pada tempatnya tadi melalui bagian dalam pagian atas.
    Penempatan Power supply
Penempatan Power supply
  • Pasang Power Supply hingga posisinya tepat pada tempatnya.
    Pemasangan Power Supply
Pemasangan Power Supply
  •  Setelah itu, lihat panel power suplly fan di panel belakang casing komputer anda lakukan proses pembautan untuk menguatkan posisi power supply pada casing komputer.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan trik memilih Power Supply komputer"

Post a Comment