Printer Inkjet Tinta atau Laserjet, Pilih mana ?

Printer Inkjet Tinta atau Laserjet, Pilih mana ?
printer inkjet Tinta atau laserjet? Sebelum menggunakan kedua printer ini, pastikan Anda mengetahui apa yang menjadi kebutuhan untuk mencetak Anda, sehingga bisa disesuaikan dengan kedua jenis printer tersebut ini. Kedua Printer ini tentu saja memiliki keunggulan masing - masing sesuai dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Printer inkjet tinta lebih dikenal dengan printer rumahan yang mudah dibawa kemana saja contohnya seperti Inkjet Canon. Banyak Masyarakat cukup akrab dengan penggunaan printer jenis ini karena harganya yang Murah dan biasa digunakan untuk percetakan yang sederhanan.

Baca juga : cara install aplikasi ezviz mobile view hikvision

Sebanding dengan Harga dan Perawatannya, printer jenis ini masih dibawah kualitas dari printer laserjet. Printer laserjet akan memberikan hasil yang hampir menyerupai mesin cetak offset, namun yang menjadi keunggulan, pada printer jenis ini bisa digunakan dalam jumlah terbatas karena memang tidak menggunakan flat seperti pada mesin cetak offset. Jika ingin mencetak dalam jumlah yang tidak banyak maka sebaiknya menggunakan printer laserjet dengan hasil yang lebih bagus.

Printer Inkjet Tinta atau Laserjet, Pilih mana ?

Kapan kita harus menggunakan printer inkjet? Berikut ini ulasannya:

Untuk kebutuhan cetak dan print dengan kualitas standar seperti contohnya tulisan atau gambar sederhana sebaiknya memakai printer inkjet tinta saja yang mungkin sudah ada di tempat Anda. Namun Untuk kebutuhan cetak print tulisan dengan jumlah banyak, sebaiknya memakai jenis printer inkjet karena akan lebih murah secara biaya tinta dan hasilnya pun tetap memberikan kualitas yang Anda mau.

Baca Juga : 95 Website yang mungkin bisa berguna untuk pekerjaan kita

Printer inkjet tinta bisa Anda setting dengan mode kualitas print yang paling tinggi atau mode high untuk mendapatkan hasil cetakan yang lebih bagus dan tajam. Namun tetap tergantung pada merk dan tipe printer tinta tersebut sejauh mana kualitas yang dihasilkannya.

Baca : Juga Tips merawat dan memperbaikin Power suplay Komputer 

Untuk kebutuhan cetakan warna hitam putih sebaiknya menggunakan jenis printer inkjet tinta saja yang lebih murah dan agak terjangkau.
Untuk kebutuhan print sehari-hari, file-file tulisan sederhana sebaiknya menggunakan tipe printer inkjet tinta yang lebih menguntungkan.

Lalu kapan kita menggunakan printer laserjet? Berikut ini ulasannya :

  • Untuk kebutuhan cetak atau print brosur atau famplet dan sejenisnya bisa menggunakan jenis printer laserjet untuk mendapatkan kualitas warna dan gambar yang lebih bagus dan tajam. 
  • Jika mau mencetak pamflet atau brosur berwarna dalam jumlah terbatas sebaiknya memakai printer laserjet. 
  • Jika mau mencetak sebuah file gambar warna yang cukup penting penilaian warnanya lebih baiknya menggunakan printer laserjet untuk menjaga kualitas warnanya agar tidak berubah dan tahan lama seperti yang biasa kita lihat pada hasil cetakan printer jenis inkjet tinta.
  • Jika ingin mencetak foto KTP atau sejenisnya sebaiknya juga memakai jenis printer laserjet dibandingkan dengan printer inkjet tinta karena tentu saja hasil dan kualitasnya akan jauh berbeda dari printer inkjet. Terlebih lagi jika printer inkjet tinta anda sedang dalam masalah, tentu saja hasil cetakan akan sangat berbeda dari aslinya.
  • Untuk Perawatan printer laser jet tentu lebih detail sehingga harganya pun menjadi lebih mahal. Dan untuk jenis inkjet tinta yang sederhana dan kelas rumah, biasanya lebih murah terjangkau dan lebih mudah diotak atik sendiri meski Anda bukan seorang ahli teknisi printer sekalipun.
  • Untuk penggunaan printer inkjet tinta sangat tergantung dari si penggunanya sendiri. Sejauh mana ia bisa merawat lalu mengatasi masalah yang mungkin sering terjadi pada catridge printer tinta.
  • Untuk menjaga kualitas warna dan kerusakan, sebaiknya tipe printer inkjet tinta ini digunakan setiap hari agar tinta tidak membeku dan sulit untuk keluar untuk mencetak. Gunakan secara seimbang antara tinta warna dan tinta hitam agar tidak sering terjadi masalah pada catridge printer. Printer yang jarang dipakai justru akan menjadi lebih cepat rusak. 
Gunakanlah printer anda meski hanya untuk mencetak satu lembar saja sehari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Printer Inkjet Tinta atau Laserjet, Pilih mana ?"

Post a Comment