Jepara Yang Punya Segudang Nama Julukan

Tentang Jepara

Kota Jepara adalah Kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Kota Jepara Berbatasan dengan laut Jawa sebelah barat dan utara,dan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pati. Jepara pun memiliki dua pulau yang terkenal yaitu Pulau Karimun jawa dan Pulau Kemujan. Pulau karimun jawa ini sangatlah indah karena pulau ini sudah dilindungi dalam cagar alam laut jawa Karimun Jawa, dan hebatnya lagi terdapat bandara di pulau karimun jawa ini yang bernama Bandara Dewandaru yang biasanya didarati pesawat dari bandara Ahmad Yani Semarang. Dijepara banyak pula tempat wisata yang cukup membuat wisatawan tertarik entah itu tempat wisata di darat maupun di Pantai, sebenarnya Jepara mempunyai kualitas yang tinggi dalam bidang wisata, karena mempunyai Pulau yang Indah, Pantai-Pantai Yang indah, Pameran Ukiran Yang menakjubkan dan masih banyak tempat lain yang bikin Jepara itu Wow.. dimata wisatawan. Kecuali itu banyak pula loh tradisi-tradsi unik yang dimiliki Jepara, sehingga Jepara mendapat segudang julukan dari wisatawan.
Jepara Yang Punya Segudang Nama Julukan

Julukan Apa Saja Yang Dimiliki Jepara? Dan Apa Penyebabnya?

Ya, Tidak heran kalau Kota Jepara dikenal memiliki segudang julukan. Karena apa? kota ini memiliki kualitas yang bagus dalam wisata,kerajinan/kesenian, dan Ketrampilan. Semua yang disajikan Jepara membuat wisatawan terkesan akan keindahan dan ketrampilan yang dimiliki Jepara. Sehingga Banyak wisatawan atau orang yang menilai dan berpendapat tentang Jepara. Contohnya Saja tentang Ukir, ini bukan lagi hanya dikenal di Jepara saja tetapi diseluruh Indonesia pun tahu bahwa Ukir berasal dari ketrampilan orang Jepara.
Berbicara tentang Jepara nih, ada banyak julukan yang dilontarkan para wisatawan untuk Jepara, mau tahu?atau ingin tahu banget?hehehe Ini dia Julukan untuk Jepara. (Kunjungi : Jual Paket CCTV Online Murah Jepara )
  • Jepara Dijuluki Sebagai Kota Ukir. Ukir yang kita ketahui adalah sebuah karya seni yang digambar pada benda padat (kayu atau pun Batu) yang bermotif timbul dan cekung. Biasanya dapat menggunakan alat yang bernama Tatah (pahat Ukir) untuk membuat ukiran. Dan ukiran ini dibuat oleh tangan langsung, tangan yang sangat terampil yang dapat menghasilkan hiasan ukir yang sangat indah. Cari tau yuk kenapa Jepara bisa disebut dengan kota ukir? ternyata orang Jepara itu punya perbedaan yang unik dari orang daerah lain loh, kenapa? Kebanyakan orang jepara dapat mengukir dan mempunyai usaha membuat ukiran dari kayu. Kalau kamu ke Jepara pasti akan menjumpai dan ada banyak pabrik ukiran, Industri rumahan,mebel yang memproduksi hasil ukiran atau tempat-tempat yang memproduksi ukiran lainnya. Setiap hasilnya pasti dipamerkan didepan toko, maka akan terlihat menakjubkan sekali saat memasuki kota Jepara, seperti berada dikerajaan ukir. Mungkin ini salah satu alasan mengapa kota jepara di sebut dengan kota ukir. Kecuali itu ada sejarah yang mengataka bahwa warga Jepara pertama kali bisa mengukir karena Sultan Hadlirin yang mengajarinya pada zaman kerajaan Kalinyamatan.
  • Jepara Dijuluki Sebagai Bumi Kartini, Karena Jepara adalah tempat kelahiran Pahlawan Nasional R.A. Kartini.
  • Jepara Dijuluki sebagai Kota Energi. Karena Jepara ditempati 4 PLTU yang bermanfaat sebagai Pemasok listri di Jawa, Bali dan Madura. Oleh karena itu Jepara disebut sebagai Kota Energi
  • Jepara Dijuluki Sebagai Kota Mode (Fashion) karena kita ketahui bahwa dijepara mempunyai banyak produk fashion seperti Konveksi baju disendang, Konveksi celana di Bandungrejo, Tenun Ikat diTroso, Konveksi kerudung di pendosawalan, konveksi bordir di Nalumsari, Perhiasan Monel di Kriyan, Perhiasan Emas di Margoyoso. Produk-produk ini sudah terkenal dimana-mana khususnya di Pasar Semarang,Surabaya, Bali, Jakarta,dan Palembang. 
  • Jepara di Juluki sebagai Kota Kerajinan atau Kota Seni karena Dijepara banyak hasil seni kerajinan contohnya seni ukir, seni patung, seni monel, seni relief, seni emas, seni gerabah, seni anyaman yang terbuat dari bambu, seni rotan, seni acan kurung dan seni-seni yang lain. 
  • Jepara dijuluki sebagai The World Carving Center. Karena Jepara berhasil meraih rekor MURI dan Dunia dalam bidang mengukir kayu terbanyak didunia. 
  • Jepara di juluki sebagai The Beauty of Java Karena Jepara mendapat Peringkat Adipura karena jepara kota yang bersih. kecuali karena kota nya yang bersih, Jepara memiliki keindahan pada pantai,pulau serta lingkungan.Dan Julukan The Beauty of Java bukan hanya sebagai simbol keindahan jepara saja tapi berfungsi sebagai pencitraan kota Jepara.
  • Jepara dijuluki sebagai Caribbean Van Java karena jepara mempunyai pulau Karimun jawa yang mempunyai keindahan dan kesamaan dengan Karibia yang terdiri dari beberapa pulau kecil,.
  •  Jepara dijuluki sebagai kota Scheveningen Van Java Karena Jepara memiliki pantai bandengan yang keindahannya sama pantai Klein Scheveningen.
  • Jepara dijuluki sebagai Kota seribu Pondok Pesantren karena Jepara memiliki 2 kali lipat pondok pesantren dari pada pesantren yang ada di rembang yang terkenal sebagai kota yang banyak pesantrennya. (Baca Juga : 95 website yang dapat membantu pekerjaan kita)
Tuh kan banyak banget julukan yang diberikan kepada Jepara, karena Jepara pantas mempunyai banyak julukan karena banyak kerajinan, seni, dan budaya yang pantas dihargai karena keindahannya yang mengundang wisatawan untuk datang kejepara.

Nah, dapat kita pelajari bukan hanya di Jepara saja di daerahpun juga sama satu per satu mestinya mempunyai keistimewaan tersendiri, tinggal kita yang pintar-pintar menjaga, melestarikan dan mengembangkan seni, budaya atau kerajinan yang ada. Supaya daerah itu menjadi terkenal akan kebudayaannya.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jepara Yang Punya Segudang Nama Julukan"

Post a Comment